INILAH ARTI KEDUTAN MATA YANG SEBENARNYA MENURUT PAKAR KESEHATAN

Tak jarang orang yang mengalami kedutan mata berkali kali dalam sehari. Kedutan mata atau mata berkedut biasanya terjadi pada kelopak mata bagian atas. Bagian kelopak mata ini seakan akan bergerak sendiri tanpa terkontrol. Ada banyak mitos dan fakta yang menghiasi seputar kedutan mata. Tak jarang juga banyak orang yang menghubungkan hal ini dengan mitos mitos gaib yang belum pasti akan kebenarannya. Sebenarnya, mata berkedut menandakan bahwa tubuh mengalami gangguan kesehatan, terutama pada daerah mata dan sekitarnya.

Mitos seputar kedutan mata juga sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian masyarakat, entah mitos itu benar atau tidak, percaya atau tidak percaya. Menurut mitos, kedutan mata kiri dan kedutan mata kanan mempunyai arti yang berbeda, seperti akan bersedih, bertemu orang yang spesial, mendapat rizki yang tidak disangka sangka, dan sebagainya. Bagi anda yang kurang percaya dengan mitos mitos semacam ini, mungkin penjelasan secara medis lebih bisa diterima.

ARTI KEDUTAN MATA SECARA MEDIS 

Istilah kedutan dalam medis biasa disebut dengan Blepharospasm (Beb),  kedutan ini terjadi karena kontraksi otot yang tidak terkontrol sehingga menyebabkan kontraksi diarea mata dan sekitarnya. Apabila kontraksi tersebut berlangsung lama dan tanpa henti, hal tersebut bisa menandakan bahwa saraf sedang terganggu / gejala gangguan saraf.

Dan apabila kedutan mata terjadi sesekali atau beberapa kali dalam sehari itu menandakan tubuh lelah, stress, atau kurang fit. Bisa juga ini terjadi karena mata lelah dan kurang istirihat yang disebabkan oleh melihat obyek dalam jarak dekat, waktu yang lama, dan tempat yang sama. Misalnya terlalu lama melihat layar monitor komputer / gadget, membaca buku, atau bermain video game dalam jangka waktu yang lama.


Sudah banyak ahli kesehatan / medis, dan ahli mata yang mengemukakan fakta dibalik "reaksi" tubuh yang satu ini, seperti Dr. Karen Wolfe dan Dr. OZ Indonesia. Berikut beberapa kutipan tentang kedutan mata menurut pakar kesehatan yang telah berhasil dirangkum oleh berbagiinformasi.com :

KEDUTAN MATA MENURUT DR. KAREN WOLFE

Dr Karen Wolfe, adalah seorang  Dokter dan juga penulis buku yang berjudul ‘Create The Body Your Soul Desires’, dalam bukunya ia menuliskan banyak informasi kesehatan salah satu nya tentang mata, menurutnya mata kedutan bisa menjadi salah satu pertanda tubuh seseorang sedang mengalami gejala gangguan yang ringan. Dan 99% kedutan yang terjadi pada mata dikarenakan tubuh sedang didera stres atau juga kelelahan. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi kedutan ini ialah dengan membiarkan tubuh dan mata beristirahat. Sebelum kedutan mata ini menjadi parah, sebaiknya mulai mengurangi tingkat stres, mengurangi konsumsi kopi, dan tidur selama 7 jam sehari.

KEDUTAN MATA MENURUT BURT DUBOW 

Burt Dubow, OD, FAAO, adalah seorang pakar kesehatan mata dari Contact Lens & Cornea Section of the American Optometric Association, kedutan mata bukanlah suatu masalah medis yang serius. Kedutan terjadi karena kontraksi pada otot orbicularis oculi. Kedutan mata ini terjadi karena serabut saraf pada otak terjadi kontraksi sesaat. Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan (kontraksi) yang membangkitkan aliran listrik melalui nervus facialis yang membuat mata kejang sesaat. Kedutan bisa saja berbahaya apabila terjadi terus menerus dan dalam jangka yang lama.

KEDUTAN MATA MENURUT DR. OZ INDONESIA

Penyebab mata kedutan ialah pergerakan sel saraf yang tak terkontrol. Banyak yang menyebabkan timbulnya kedutan, seperti kafein, alkohol, penggunaan gadget yang berlebihan, dll.  Jika mata kedutan dalam waktu yang lama atau selama beberapa minggun, bisa jadi ini adalah gejala gangguan saraf. Walaupun masalah seperti ini jarang ditemui tetapi istirahat yang cukup merupakan cara efektif mengatasi kedutan mata.

KEDUTAN MATA MENURUT DR. DONY ISTIANTORO

Dr.Donny Istiantoro, Sp.M, adalah dokter spesialis mata di Eye Center Jakarta, beliau mengemukakan : Anda tidak perlu khawatir dengan kedutan mata, karena akan sembuh sendiri. Ini merupakan gangguan saraf motorik ketujuh, terlalu kelelahan adalah penyebab utamanya. Anda bisa menambah konsumsi Vitamin E atau multivitamin untuk penambah darah. apabila keadaanya semakin parah sampai sampai mengganggu aktifitas, anda bisa melakukan suntik Botox kepada ahlinya. Atau berkonsultasi dengan ahli mata.

PENYEBAB MATA BERKEDUT

Penyebab mata bekedut paling banyak tak lain datang dari kebiasaan kita sendiri dan mengabaikan kesehatan maupun jam istirahat. Daya tahan tubuh seseorang berbeda beda bisa kuat bisa juga sangat lemah, dari hal yang terkecilpun bisa menjadi masalah kesehatan yang serius, seperti masalah kedutan pada mata. Beberapa hal yang paling utama penyebat kedutan adalah stress, kelelahan, nutrisi yang tak seimbang, kafein, alkohol, rokok, penggunaan gadget, alergi, sindrom pandangan komputer, tiroid, mata kejang, kurang tidur, kelelahan, mata kaku, dan kurang nutrisi. Seperti yang telah dituturkan oleh banyak ahli kesehatan, bahwa kedutan mata bisa diatasi dengan istirhat yang cukup.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+
Tags :

Artikel Terkait : INILAH ARTI KEDUTAN MATA YANG SEBENARNYA MENURUT PAKAR KESEHATAN

0 komentar:

Post a Comment