CARA MENJALANKAN BISNIS ONLINE AFFILIATE MARKETING DI INTERNET

Menjalankan bisnis online affilate marketing / reseller merupakan sebuah peluang usaha di internet yang sangat menjanjikan. Kenapa demikian ? karena dari waktu ke waktu dari tahun ketahun internet selalu mengalami perkembangan, dan pengguna internet juga semakin meningkat dari tahun ketahunnya. Bukan rahasia lagi bahwa saat ini internet memang menjadi "lahan emas" yang siap untuk digali dan dijadikan sumber penghasilan. Banyak orang yang menggunakan internet hanya sekedar untuk bersenang senang dengan mencari informasi, bermain game, download, ataupun beraktifitas dijejaring sosial. Sebenarnya ini adalah hal yang wajar dan lumrah, tetapi dibalik itu semua, sangat banyak peluang usaha yang bisa dijadikan profesi. Salah satu peluang tersebut ialah Bisnis online Affiliate Marketing atau Reseller.


Bisnis online affiliate marketing / reseller disebut juga dengan program afiliasi, dimana kita bisa membantu menjualkan produk orang lain dan mendapatkan komisi jika terjadi penjualan. Ini cocok bagi seseorang yang ingin berjualan di Internet tetapi tidak mempunyai barang / jasa untuk dijual. Didalam program afiliasi suatu produk baik barang atau jasa di Internet, terdapat yang namanya Merchant. Merchant ialah pemilik produk baik barang atau jasa yang produknya bisa kita pasarkan. Setelah registrasi, biasanya kita akan mendapatkan sebuah link afiliasi unik. Link afiliasi tersebut tidak akan sama dengan link afiliasi pemasar lain, sehingga jika ada penjualan melalui link afiliasi milik kita, maka kita akan mendapatkan komisi. Website website merchant mempunyai alat yang canggih dan mampu mendeteksi / tracking link affiliate yang telah melakukan penjualan.

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH MERCHANT


Sebagai seorang "pemasar online / affiliate marketer" kita dituntut untuk bisa menganalisa dan memperkirakan kira kira produk apa yang bisa untuk dijual. Misalnya ingin menjual produk produk elektronik, produk produk digital (audio, video, software, ebook, dll), hosting dan domain, produk jasa dan sebagainya. Apabila sudah menentukan kira kira barang apa yang ingin dijual maka kita harus mencari informasi selengkap lengkapnya, seperti :

  • Merchant  : Mencari merchant merchant yang bagus dan berkredibitas tinggi itu sangat penting, "bagus" dalam arti, apakah merchant tersebut sudah terkenal oleh pemasar pemasar lain, apakah merchant tersebut membayar para pemasarnya tepat waktu, apakah merchant tersebut benar benar murni bisnis, dan lain sebagainya.
  • Produk : Setelah memilih merchant, kita juga harus mengetahui produk, harga, dan informasi tentang produk tersebut. Apakah kira kira kita bisa memasarkan produk tersebut, apakah kira kira produk tersebut laku dipasaran, dsb...
  • Besar Komisi : Selain memilih merchant dan mengetahui detail produknya, kita juga harus mengetahui jumlah komisi yang diberikan, jika dirasa komisi terlalu kecil, kita bisa mencari produk lain yang mungkin akan memberikan komisi lebih besar. Biasanya komisi besar bisa didapatkan dengan memasarkan produk produk digital, karena tidak memakan biaya produksi dalam proses pembuatan.
  • Pembayaran : Setelah menganalisa ketiga item diatas, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pembayaran komisi, misalnya, pembayaran setiap minggu atau setiap bulan, perhatikan juga metode pembayaran. Untuk merchant dalam negeri biasanya cukup menggunakan rekening bank untuk proses transfer komisi, sementara untuk merchant luar negeri menggunakan Paypal atau Payment Processor lainnya.

MEMULAI MENJALANKAN BISNIS AFFILIATE MARKETING


Setelah melakukan riset dan menganalisa potensi penjualan produk yang ingin kita jual, maka kita akan memulai menjalankan bisnis online affiliate marketing. Secara garis besar digambarkan sebagai berikut :

1. REGISTRASI PADA MERCHANT


Setelah memilih produk yang kira kira cocok untuk dijual maka kita harus melakukan pendaftaran di website merchant. Contohnya Amazon.com (hampir semua barang yang ingin dipasarkan ada di amazon), Clickbank.com (barang barang digital), CJ.com. Sedangkan di indonesia seperti Lazada.com, atau Masterweb.com (Hosting & Domain).

2. MEMBUAT WEBSITE & KONTEN PRODUK


Sesudah mendaftar pada website merchant kita akan diberikan link affiliate produk. Buatlah sebuah website atau blog untuk mempromosikan produk anda, kemudian mengumpulkan konten yang berhubungan dengan produk , konten bisa berupa tulisan, gambar, video atau audio. Membuat website atau blog lebih baik jangan menggunakan yang gratisan terutama untuk domain. Ini bertujuan agar website kita terlihat profesional.

3. MELAKUKAN PROMOSI


Produk sudah ada, konten sudah lengkap, dan website sudah jadi, kini saatnya untuk mempromosikan produk anda, jenis jenis promosi sangat banyak mulia dari menyewa banner di blog / website lain, menggunakan tehnik SEO, Video marketing, melalui iklan PPC dan Google Adwords, melalui program PTC, menggunakan List Building (auto responder), beriklan di situs situs periklanan, dan lain sebagainya.

Itulah gambaran besar bagaimanana cara menjalankan bisnis online affiliate marketing di Internet. Keuntungan lain dari bisnis affiliate marketing ini, kita tidak perlu repot repot memikirkan barang yang dibeli oleh pembeli dalam hal pengiriman barang, pembayaran barang, maupun komplain dari pembeli. Kita hanya cukup memasarkan saja, dan apabila ada order/pembelian, itu menjadi tanggung jawab merchant selaku pemilik produk. Tugas kita hanya memasarkan saja dan mendapatkan komisi jika terjadi penjualan dari link afiliasi kita.


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : CARA MENJALANKAN BISNIS ONLINE AFFILIATE MARKETING DI INTERNET

1 komentar:

  1. trimksh mas artikelnya sangat jelas dan bermanfaat

    ReplyDelete