21 ONLINE PAYMENT PROCESSOR TERBAIK YANG PALING BANYAK DI GUNAKAN

Dalam menjalani Bisnis DI internet telah dikenal sebuah istilah Online Payment Processor, Ini adalah sebuah perusahaan (sering pihak ketiga) yang ditunjuk oleh seseorang atau pedagang untuk menangani kartu kredit agar bisa bertransaksi. Payment Processor bisa disebut juga sebagai alat pembayaran online atau rekening bank Online. Jika tidak ada Payment Processor, maka Bisnis di internet tidak akan berjalan. Payment Pocessor biasa disebut juga dengan Payment Gateway.

Online payment processor memang menjadi solusi menerima dan mengirim uang di Internet yang cukup menguntungkan dan juga dibutuhkan bagi mereka yang menggeluti dunia kerja di Internet dan mengandalkan Internet sebagai media pemasaran dan perdagangan. Seiring dengan berkembangnya teknologi internet, banyak usaha perdagangan, periklanan, dan bisnis dilakukan secara online di Internet. Inilah mungkin yang disebut dengan revolusi bisnis.

Online payment processors juga merupakan sarana wajib yang harus dimiliki oleh pengguna Internet yang ingin melakukan transaksi keuangan baik pengiriman maupun penerimaan dana. Untuk transaksi keuangan dalam negeri mungkin ini hanya cukup dengan menggunakan rekening bank lokal atau internet banking lokal. Tetapi untuk transaksi keuangan Internasional, maka kita memerlukan sebuah situs pelayanan pembayaran.

APA ITU ONLINE PAYMENT PROCESSOR ?


Lalu apa yang dimaksud dengan online payment processor itu sendiri? Yaitu sarana untuk menyimpan uang dan melakukan transaksi keuangan secara online.

Secara simpel seperti ini, anda menyimpan uang pada salah satu website payment processor melalui perantara Rekening bank fisik yang terdekat dengan rumah anda, dan uang yang terkumpul disana bisa ditarik atau bisa juga dilakukan untuk pembayaran secara online. Pada umumnya saldo didalam akun payment processor ditulis dalam nominal dollar (USD) atau Euro (EUR) sehingga bagi pemilik rekening luar negeri diperlukan exchanger atau money changer online untuk melakukan penarikan maupun penyetoran.

FUNGSI PAYMENT PROCESSOR DI INTERNET


Secara umum, payment processor mempunyai fungsi yang sama dengan bank pada umumnya. Fungsi fungsi tersebut antara lain : - Untuk melakukan transaksi pembayaran / pembelian barang dan jasa secara online. - Untuk menerima pembayaran dan menarik uang (withdraw) ke dalam rekening bank anda. - Sebagai bank online yang bisa digunakan untuk menampung saldo dan bisa ditarik kapan saja. - Memudahkan para pengguna internet yang ingin melakukan transaksi keuangan yang notabene berasal dari berbagai negara di dunia.

Ada 2 hal yang harus dipersiapkan sebelum registrasi pada situs situs payment processor, yang pertama anda harus mempunyai rekening bank lokal di negara anda. Rekening bank ini nanti juga berfungsi untuk verifikasi akun online payment processor dan juga bisa digunakan untuk mengisi saldo atau menarik saldo pada akun payment processor. Yang kedua anda memiliki akun bank online (pada situs situs payment processor). Setelah anda mendaftar dan memiliki akun pada salah satu Payment Processor, maka anda bisa mengisi balance / saldo pada Payment Processor tersebut (bisa melalui penjual saldo, pendapatan bisnis online, dll). Setelah itu Saldo bisa digunakan untuk berbelanja / pembayaran dan juga ditarik ke rekening bank lokal.

DAFTAR MACAM MACAM ONLINE PAYMENT PROCESSOR


Saat ini sudah banyak situs situs payment processor di dunia yang bisa digunakan secara gratis dan mudah. Kebanyakan payment processor memiliki regulasi resmi dan terdaftar secara resmi, sehingga memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi. Ada juga beberapa payment processor yang sudah sangat terkenal oleh banyak pengguna Internet. Berikut ini adalah 21 daftar online payment processor yang bisa Anda pilih :

1. PAYMENT PROCESSOR - PAYPAL

Paypal merupakan Payment Pocessor yang paling banyak digunakan saat ini, sudah ada sejak tahun 2000 & mulai populer di dunia sejak tahun 2003, Paypal dimiliki oleh eBay dan digunakan untuk transaksi eCommerce / perdagangan. Untuk kredibilitas dan keamanan bisa dibilang sangat bagus. Paypal ini juga Teregulasi Resmi di USA, dan sudah banyak pedagang yang mau menerima pembayaran dengan Paypal. Untuk menjadi pengguna terverifikasi, anda harus mempunyai kartu kredit / debit berlogo Visa atau Mastercard untuk dihubungkan kedalam akun Paypal.

2. PAYMENT PROCESSOR - PAYZA

Payza yang dahulu dikenal dengan nama Alertpay merupakan Online Payment Processor yang banyak digunakan. Sudah berdiri sejak tahun 2004 di Kanada & memiliki kantor juga di Asia tepatnya di India. Sebagai E-Currency Payza semakin berkembang dan mendapat tempat di pengguna internet di seluruh dunia. Memiliki pemakai di hampir 190 Negara, 22 jenis mata uang, dan lokal bank di 44 negara. Payza juga merupakan Payment Processor beregulasi resmi dari Transactions and Reports Analysis Centre of Canada (FINTRAC/Kanda), (FinCEN), (FSA/Swedian). Untuk menjadi verified member, anda diharuskan upload dokumen ID Card resmi dan alamat resmi.

3. PAYMENT PROCESSOR - PAYONEER (MASTERCARD)

Payoneer merupakan sebuah online payment processor yang berkantor pusat di New York City, Amerika Serikat. Payoneer sudah berdiri sejak tahun 2005 lalu dan terdaftar dalam Member Service Provider (MSP) dari MasterCard ®. Dengan menggunakan layanan dari Payoneer kita bisa melakukan transaksi keuangan secara mudah dan praktis. Ini tentunya sangat memudahkan bagi Anda yang ingin mempunyai rekening US Bank untuk transaksi keuangan Internasional ataupun berbisnis online di Internet. Payoneer juga menyediakan sebuah Prepaid Debit MasterCard Card gratis yang bisa digunakan untuk menarik tunai melalui ATM berlogo MasterCard

4. PAYMENT PROCESSOR - SKRILL MONEYBOOKERS

Skrill (dulu bernama MoneyBookers) merupakan payment processor yang berpusat di UK & Teregulasi Resmi bernaung pula di bawah FSA. Moneybookers Ltd. London Terdaftar di Inggris dan Wales no 4.260.907. Terdaftar Kantor: Welken House, 10-11 Charterhouse Square, London, EC1M 6EH, Inggris Raya. Disahkan oleh Financial Services Authority (FSA) di bawah Peraturan Uang Elektronik 2011 untuk Penerbitan uang elektronik. Bersama dengan Neteller & PayPal, termasuk dalam jajaran atas eCurrency yg beroperasi di Amerika & Inggris.

5. PAYMENT PROCESSOR - NETELLER

Neteller Berkantor pusat dan berdiri di Amerika, hampir sama tua atau Seniornya dengan PayPal, cukup populer di Dunia. Rata-rata hanya dipakai oleh Warga Amerika, makanya neteller kurang begitu populer di diluar amerika.

6. PAYMENT PROCESSOR - SAMURAI FEEFIGHTERS

FeeFighters adalah situs payment processor yang bagus yang memungkinkan untuk para pedagang. Samurai adalah pesaing langsung dari Braintree dan Payment gateway lainnya. Samurai mematok harga $ 25 per bulan dan menarik biaya $ 0,30 per transaksi yang dilakukan oleh pengguna.

7. PAYMENT PROCESSOR - WEBMONEY

WebMoney sudah berdiri sejak tahun 1998 di Rusia, sampai sekarang ini bisa dibilang payment processor terpopuler di Rusia. Kredibilitas lebih baik bila dibanding dengan eCurency2 lainnya. WebMoney menerima beragam mata uan seperti ,Dollar,Euro,Yen, dsb.

8. PAYMENT PROCESSOR - AMAZON PAYMENTS

Amazon payment dimiliki oleh situs e-Commerce Amazon Inc. Dengan Amazon Payment ini, pengguna memungkinkan menerima uang dengan memanfaatkan API dan mengirim uang melalui ACH. Biaya 2,9% + $ 0,30 per transaksi untuk pembayaran lebih dari $ 10 (persentase menurun untuk transaksi yang lebih besar). Biaya 5,0% + $ 0,05 per transaksi juga berlaku untuk pembayaran di bawah $ 10.

9. PAYMENT PROCESSOR - WEPAY

WePay memungkinkan pedagang menerima kartu kredit dan pembayaran rekening bank online. Mereka fokus pengguna yang lebih onindividual, dan dengan demikian mereka telah menambahkan halaman e-store ke situs Web mereka memungkinkan pelanggan mereka untuk dengan mudah mengambil dalam pembayaran (seperti tiket acara, produk, sumbangan dan sebagainya) melalui layanan mereka. Wepay mengambil biaya transaksi 3.5% ($ 0,50 minimum) untuk transaksi kartu kredit dan $ 0,50 untuk pembayaran bank. Mereka tidak membebankan biaya untuk pembuatan account baru atau biaya bulanan.

10. PAYMENT PROCESSOR - SQUARE

Square, Inc adalah sebuah perusahaan jasa keuangan, jasa merchant aggregator dan pembayaran mobile yang berbasis di San Francisco, California.

11. PAYMENT PROCESSOR - V.ME (BY VISA) 

Sebuah sistem pembayaran online baru dari Visa dirancang untuk membuat belanja online lebih mudah. Layanan V.me memungkinkan pengguna untuk memasukkan semua rincian pribadi mereka dan informasi kartu, maka cukup gunakan username dan password untuk melakukan pembayaran kepada jutaan pedagang online. Layanan ini juga mendukung beberapa debit atau kartu kredit.

12. PAYMENT PROCESSOR - GOOGLE WALLET

Perusahaan search engine terbesar Google yang berpusat di Amerika telah mendirikan sebuah Payment System yang disebut dengan Google Wallet, Google Wallet merupakan aplikasi Android yang digunakan sebagai alat pembayaran dan tersimpan di dalam smartphone Android. Aplikasi ini dapat menyimpan kartu kredit, gift card, loyalty card, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran apapun yang memakai fasilitas Google Wallet. Google Wallet hanya akan mendukung kartu kredit dari Citibank MasterCard dan Google Prepaid Card. Namun nantinya, layanan ini akan terbuka untuk semua kartu pembayaran.

13. PAYMENT PROCESSOR - BRAINTREE

Braintree cukup terkenal dan bekerja dengan startups teknologi populer seperti Airbnb dan LivingSocial. Mereka mengambil $ 35 per bulan, (dengan minimum bulanan $ 75). Biaya transaksi dimulai dari 2,29% + $ 0,30 per transaksi untuk kartu yang memenuhi syarat.

14. PAYMENT PROCESSOR - AUTHORIZE.NET

Authorize.net merupakan salah satu payment gateway yang sangat populer dan banyak digunakan oleh ebih dari 300.000 pedagang menggunaka. Platform E-commerce seperti Magento, Volusion dan X-Cart. Untuk memulainya, Authorized.Net menetapkan biaya $ 99, sedangkan biaya per bulan adalah $ 10 dan mereka mengambil $ 0,25 per-transaksi.

15. PAYMENT PROCESSOR - 2CHECKOUT

2Checkout bisa dibilang cukup unik karena menggabungkan account merchant dan payment gateway, sehingga memungkinkan Anda menerima pembayaran kartu kredit dan pembayaran PayPal sekaligus. Biayanya 3,99% (1 Mei 2012). Mereka mengenakan biaya transaksi $ 0,45 dan $ 10,99 untuk biaya layanan bulanan.

16. PAYMENT PROCESSOR - DWOLLA

Dwolla mirip dengan PayPal dan transaksi yang diproses lebih dari $ 1 juta per hari. Mereka tidak dikenakan biaya apa pun untuk transaksi kurang dari $ 10. Tetapi mereka biaya $ 0,25 per transaksi untuk transaksi di atas $ 10.

17. PAYMENT PROCESSOR - STRIPE

Stripe memungkinkan pengembang web untuk mengintegrasikan sistem pembayaran dalam proyek-proyek mereka. Stripe tidak memberlakukan biaya bulanan, tetapi mereka mengambil 2,9% + $ 0,30 per transaksi.

18. Serve (from American Express)

METODE PEMBAYARAN LAIN 


Selain payment processors diatas, ada beberapa metode pembayaran lain yang sering digunakan, seperti :

1. WESTERN UNION

Western Union, Tentunya nama ini tidak asing bagi kita, Western Union sudah dikenal orang untuk jasa pengiriman uang antar negara. Anda bisa mengirim dan mengambil pembayaran melalui agen yang melayani jasa Western Union. Persyaratan juga tidak rumit, Anda tidak perlu memiliki akun bank untuk dapat mengirim uang melalui Western Union. Hanya diperlukan id card yang resmi dan juga MTCN (Money Transfer Control Number)

2. CREDIT CARD

Pembayaran dengan Credit Card (Visa, MasterCard, American Express, dll) juga sudah umum digunakan. Namun bagi sebagian orang pembayaran dengan Credit Card menimbulkan kekhawatiran karena maraknya kejahatan Carding di Internet. Dalam melakukan transaksi dengan Credit Card sebaiknya berhati hati agar aman.

3. BANK WIRE / WIRE TRANSFER.

Model ini adalah model yg paling umum dan dasar. Hampir semua bisnis online menerima pembayaran jenis ini. Boleh dibilang ini adalah standar pembayaran. Sudah dipakai sejak pertama kali. Untuk melakukan wire ini biasanya bank menerapkan biaya tertentu, dan fix artinya tidak bergantung pada jumlah uang yang Anda kirim. Dan umumnya prosesnya memakan waktu antara 2-3 hari. Memang, wire transfer kurang efektif, jika diburu dengan waktu.

Itulah 21 Online Payment processor yang sering digunakan di dunia. Untuk menjadi pengguna terverifikasi pada sebuah payment processor, biasanya anda akan disuruh untuk upload id card resmi negara anda, atau dengan menghubungkan Credit Card / rekening bank Lokal anda. Jenis payment processor apa yang biasa anda gunakan ? Atau anda punya pendapat lain ?


Bagikan ke FB
Bagikan ke Twitter
Bagikan ke G+

Artikel Terkait : 21 ONLINE PAYMENT PROCESSOR TERBAIK YANG PALING BANYAK DI GUNAKAN

0 komentar:

Post a Comment